Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sunday, May 12, 2013

Syarat Wajib Sholat


Ngaji Taqrib, Bab Syarat Wajib Sholat.

بسم الله الرحمن الرحيم . قال المؤلف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه في الدارين أمين
(فصل) وشرائط وجوب الصلاة ثلاثة أشياء الإسلام والبلوغ والعقل وهو حد التكليف.
Artinya: Syarat wajib shalat ada 3 (tiga) yaitu Islam, akil baligh (dewasa), berakal sehat itu adalah batas mulainya kewajiban (taklif). 

Keterangan:

Syarat wajib adalah sesuatu yang apabila terdapat pada seseorang maka ia wajib melaksanakan. Berbeda dengan syarat sah. Syarat sah adalah susuatu yang mengabsahkan suatu pelaksanaan sebagaimana yang akan saya jelaskan pada artikel mendatang.

Syarat wajib sholat ada tiga yakni Islam, baligh dan berakal. Orang yang telah memiliki tiga sifat tersebut maka ia wajib melaksanakan sholat. Namun apabila tiga sifat tersebut belum terpenuhi maka ia belum diwajibkan sholat. Seperti orang kafir dan murtad. Keduanya tidak wajib sholat. Kalupun mereka sholat maka sholatnya tidak sah. Demikian juga orang gila. Ia tidak wajib melaksanakan sholat sebab ia tidak memiliki akal. Kalaupun ia sholat maka sholatnya tidaklah sah.

Sementara anak kecil yang belum baligh, meski ia belum wajib sholat, namun bagi walinya wajib memerintah anak yang berusia 7 tahun untuk melaksanakan sholat setiap waktu sholat masuk secara terus menerus.

Saat anak itu mencapai usia 10 tahun dan tidak mau sholat, maka walinya harus memberi pelajaran baginya dengan memukul anak tersebut. Pukulan yang diberikan, tidak seperti pukulan Mike Tison atau Kris Jhon kepada lawan tinjunya. Melainkan hanya sekedar pukulan untuk mendidik. Oleh karena itu, kita tidak boleh memukul bagian kepala dan wajah dan bagian-bagian yang rawan.

Mengenai hal ini, saya pernah mendapat penjelasan dari salah satu guru saya, yakni KH. Asmu’i. Kata beliau, bagian yang dipukul untuk mendidik yang paling berpengaruh adalah bagian betis sebelah belakang. Orang jawa menyebutnya kempol. Yakni daging yang berada di belakang betis.

Wali juga wajib mengajari mereka tentang hal-hal yang berkaitan dengan sholat, seperti syarat dan rukn sholat serta wudhu lengkap dengan bacaan-bacaannya. Saya memiliki pengalaman yang mungkin bisa di adopsi. Anak kecil akan sulit memahami penjelasan mealui rangkaian kata-kata. Mereka kesulitan dalam memahami keterangan. Mereka membutuhkan contoh.

Maka dari itu kita harus rajin-rajin mengajak anak kecil wudhu dan sholat secara bersama-sama. Saat akan wudhu, kita ajak anak kita. Kemudian kita suruh dia untuk melihat cara kita wudhu. Setelah itu kita suruh dia untuk berwudhu dalam pengawasan kita. Jika ada yang salah, maka kita langsung tegur dan memberi tahu cara yang benar. Untuk masalah sholat, kita cukup mengajak anak kecil sholat berjama’ah. Dengan begitu ia akan memahami gerakan-gerakan sholat. Wallohu a’lam.

Demikianlah penjelasan syarat wajib sholat, semoga bermanfaat di dunia dan akhirat. Amin.



0 comments:

Post a Comment

Silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates