Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Saturday, March 23, 2013

Dialog Tentang Tuhan (Kang Santri VS Profesor Atheis)


Kang Qolby adalah pemuda yang telah nyantri selama 10 tahun. Sebagai santri tentunya ia percaya dan yakin bahwa Tuhan ada. Suatu hari ia bertemu dengan seorang profesor bernama Jhon. Sebenarnya nama asli pak Jhon  adalah Selamet. Namun saat kuliah di Eropa ia mengganti nama kejawennya itu dengan nama barat. Mungkin karena gengsi atau karena telah mengkultuskan barat sehingga segala sesuatunya harus seperti barat, termasuk nama.

“Pak Jhon, tadi sampean mengaku sebagai atheis. Saya tidak tau atheis. Atheis itu apa tho pak?” Tanya Qolby.
“Saya tidak percaya adanya Tuhan”. Jawab pak jhon, singkat. Kang Qolby kaget. Sebagai santri ia tidak tau apa itu atheis. Namun sekarang ia tahu bahwa atheis adalah orang yang tidak percaya adanya Tuhan. Tetapi pengetahuannya ini malah justru membuat ia kaget. Seolah-olah ia tak percaya, bagaimana bisa seorang berpendidikan seperti pak Jhon sampai tidak percaya adanya Tuhan?
“Jika sampean yakin Tuhan ada, coba buktikan keyakinan sampean itu”. Lanjut profesor Jhon. Dengan santai kang Qolby mencoba memberikan bukti.

“Bukti adanya Tuhan adalah keberadaan bapak. Jika Tuhan tidak ada, bapak pasti tidak ada”. Akan tetapi pembuktian itu dibantah oleh pak Jhon.
“Halah itu bukan bukti. Itu hanya lamunan para Kiyai untuk membohongi orang-orang bodoh”. Kang Qolby mulai emosi. Matanya memerah. Tangannya mengepal kuat-kuat. Rasanya ia ingin memukul orang yang duduk di depannya itu. Untung saja ia teringat nasehat gurunya bahwa berdakwah itu harus sabar. Tidak boleh dengan emosi. Melainkan harus dengan mauizoh hasanah.
“Begini pak, kita berfikir secara sederhana saja. Coba bapak lihat kursi yang bapak duduki itu”. Pak Jhon menuruti permintaan kang Qolby. Ia melihat ke arah kursi yang ia duduki. Setelah pak Jhon melihat kursi itu, kang Qolby pun bertanya.

“Menurut bapak, kursi itu ada yang membuat nggak?”
“Tentu saja ada. Tapi bukan Tuhan. Melainkan tukang kursi. Meja ini juga bukan buatan Tuhan. Melainkan buatan tukang meja. Jadi adanya sesuatu hanya membuktikan adanya yang membuat. Tidak membuktikan adanya Tuhan”.
“Dengan kata lain bapak yakin bahwa adanya sesuatu adalah hasil karya tukangnya. Ok, untuk sementara saya ikuti jalan pikiran bapak bahwa sesuatu yang ada, dibuat oleh tukangnya. Rumah dibuat oleh tukang rumah. Jalan dibuat oleh tukang jalan dan seterusnya. Jika demikian, coba bapak sebutkan siapa tukang alam semesta raya yang mampu membuat langit dan bumi lengkap dengan isinya. Saya ingin pesan satu semesta raya”. Ucap kang Qolby teriring senyum tipis penuh kemenangan. Ia yakin pak Jhon tidak bakalan mampu menunjukan tukang semesta raya.

Pak Jhon mulai gelisah. Matanya berputar-putar seperti mencari-cari jawaban. Isapan rokoknya semakin cepat sehingga ruangan yang hanya 2x4 m itu dipenuhi asap rokok.
 “Mungkin bapak akan bilang kalo adanya semesta raya adalah dengan sendirinya. Tiba-tiba ada semesta ini tanpa ada yang membuatnya. Jika benar demikian, berarti ada sesuatu yang ada tanpa adanya tukang yang membuat. Di sini ada 4 kursi. Bapak melihatnya sendiri. Semuanya dibuat oleh tukang kursi. Sekarang coba bapak tunjukan satu kursi yang ada dengan sendirinya. Tiba-tiba kursi itu muncul dengan tanpa adanya tukang kursi”.  

Pak Jhon semakin gelisah. Untuk menutupi kegelisahan itu, ia mengatakan bahwa ucapan Qolby tidak ilmiyah.
“Ucapan sampean itu tidak ilmiyah. Jadi tidak perlu saya tanggapi”.
“Bukan ucapan saya yang tak ilmiyah. Tetapi bapak tidak mampu menanggapinya sehingga bapak menyebutnya tidak ilmiyah”. Sahut kang Qolby.
“Terserah sampean mau bilang apa, tapi yang jelas sesuatu yang ada pasti dapat dilihat. Saya ada sehingga sampean bisa melihat saya. Jika Tuhan ada, silahkan tunjukan kepada saya”.
“ha..ha..ha”. Kang Qolby tertawa mendengar ucapan pak Jhon. “Saya heran pada bapak. Bapak mengaku sebagai Profesor. Bapak mengaku sebagai ilmuwan modern tapi anehnya bapak mengikuti ucapan orang yang hidup ribuan tahun lalu. Ribuan tahun lalu bani israil pernah berkata seperti yang bapak katakan itu. Mereka minta agar Nabi Musa menunjukan Tuhan. Apakah ilmuwan modern sudah kehabisan kata-kata sehingga mereka nyontek ucapan ribuan tahun silam? Tapi baiklah, saya akan turuti permintaan bapak. Saya akan tunjukan Tuhan kepada bapak pada hari senin besok”.

Keesokan harinya kang Qolby dan pak Jhon kembali bertemu di tempat yang telah ditentukan. Pak Jhon memulai pembicaraan dengan menagih janji kang Qolby.
“Kemaren sampean janji akan menunjukan Tuhan kepada saya. Mana Tuhannya? Kok saya tidak melihatnya”.
“Siapa yang bilang begitu pak? Kapan saya bilang?” Sahut kang Qolby.
“ha,,ha..ha…”. Pak Jhon tertawa. “Sampean pura-pura linglung atau linglung beneran? Sayang sekali anak muda seperti sampean sudah linglung. Itulah akibat sampean termakan lamunan para kyai tentang Tuhan. Saya yang sudah tua saja masih ingat janji sampean. Kemaren sampean janji akan menunjukan Tuhan kepada saya pada hari senin. Ini hari senin. Tapi sampean tidak sanggup menunjukan Tuhan. Malah pura-pura lupa”.
“Bapak yakin ini hari senin?” Tanya kang Qolby.
“Tentu saja saya yakin. Emangnya saya pikun kayak sampean”. Sahut pak Jhon.
“Mana hari seninnya pak? Apa warna hari senin? Bagaimana bentuk hari senin? Coba bapak tunjukan kepada saya.”
“ha,, ha.. ha..” Suara tawa pak Jhon mengglegar penuh kemenangan. Ia merasa menang karena kang Qolby tidak mampu menunjukan Tuhan. Bagi pak Jhon sesuatu yang ada pasti bisa dilihat. Jika Tuhan ada, pasti bisa dilihat. Oleh karena Tuhan tidak bisa dilihat maka ia meyakini bahwa Tuhan tidak ada.

Pada saat pak Jhon menikmati tawanya itu, kang Qolby berkata: “Bapak tidak mampu melihat hari senin tapi bapak meyakini bahwa ini hari senin. Artinya bapak yakin bahwa hari senin benar-benar ada meskipun bapak tidak mampu melihat dan menunjukan hari senin. Lalu bagaimana bapak tidak yakin dengan adanya Tuhan hanya karena bapak tidak dapat melihat Tuhan?”


7 comments:

Anonymous said...

Seperti percakapan antara seorang profesor dan Albert Einsten.

Admin said...

benarkah? Kalo anda punya percakapan itu tolong diposting di sini.. :)

Anonymous said...

http://www.rohieth.net/2012/07/percakapan-tentang-ketuhanan-albert.html

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Lanjutannya ga ada?

Unknown said...

Lanjutannya ga ada?

Post a Comment

Silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates