Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Tuesday, April 30, 2013

Cara Mensucikan Najis

Kitab Ghoyatut Taqrib, Cara Mensucikan Najis. 


بسم الله الرحمن الرحيم . قال المصنف رحمه الله تعالى ونفعنا به وبعلومه في الدارين امين
 والحيوان كله طاهر إلا الكلب والخنزير وما تولد منهما او من أحدهما والميتة كلها نجسة إلا السمك والجراد والأدمى . ويغسل الإناء من ولوغ الكلب والخنزير سبع مرات إحداهن بالتراب . ويغسل من سائر النجاسات مرة تأتى عليه والثلاثة أفضل . وإذا تخللت الخمرة بنفسها طهرت وإن خللت بطرح شيء فيها لم تطهر

Artinya:
Setiap binatang itu suci kecuali anjing, babi dan binatang yang lahir dari keduanya atau salah satu dari keduanya. Semua bangkai adalah najis kecuali ikan, belalang dan manusia.

Wadah yang dijilat oleh anjing dan babi dibasuh tujuh kali yang salah satunya dicampur dengan debu. Sedangkan najis selain dari keduanya disiram dengan air secara merata satu kali, jika disiram tiga kali maka lebih utama.

Jika khomer berubah menjadi cuka dengan sendirinya, maka menjadi suci. Namun jika menjadi cuka dengan cara memasukan sesuatu kedalamnya maka tidak menjadi suci.

Tambih:

Najis dibagi menjadi tiga, najis mukhofafah (Najis ringan), najis mutawasithoh (najis sedang) dan najis mugholazhoh (najis berat).

Najis mukhofafah adalah najis air kencingnya anak laki-laki yang usianya belum mencapai dua tahun dan belum pernah makan selain ASI. Najis mugholazhoh adalah najis anjing dan babi. Najis mutawasithoh adalah najis-najis selain dua najis tersebut, seperti kotoran manusia dan hewan.

Najis ada dua macam, najis ainiyah dan najis hukmiyah. Najis ainiyah adalah najis yang bentuknya bisa dilihat. Jika bentuknya sudah dihilangkan hingga tak terlihat lagi maka disebut najis hukmiyah.

Cara mensucikan najis:

Pertama-tama kita hilangkan ‘ain (bentuk najisnya) terlebih dahulu menggunakan kertas hingga warna, bau dan rasanya hilang. Setelah hilang maka najis itu disebut najis hukmiyah. Selanjutnya tinggal menyiram tempat itu menggunakan air yang suci. Wallohu a'lam.

Demikianlah Cara Mensucikan Najis. Semoga artikel ini bermanfaat. 




1 comments:

kingrani said...

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart hdfc cashback offers You will get upto 75% Discount

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart SBI Cashback Offer You will get upto 75% Discount

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart AXIS Cashback Offer You will get upto 75% Discount

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site so here you will getFlipkart bank offersso

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site flipkart cashback offersso

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site Flipkart hdfc offersso

Post a Comment

Silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates