Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Wednesday, May 1, 2013

Siapakah Wali Anak Perempuan Hasil Zina?


Persis seperti yang disabdakan oleh Nabi SAW bahwa diahir zaman perzinahan akan merajalela. Saat ini kita melihatnya dengan mata kepala kita sendiri. Fenomena ini tentunya melahirkan permasalahan tentang bagaimana hukum menikahi wanita hamil diluar nikah? Apakah lelaki yang menikahi wanita itu dapat menjadi ayah bagi anak hasil zina? Jika anak hasil zina itu adalah perempuan, siapakah yang menjadi walinya?

Salah satu dari pertanyaan-pertanyaan itu ditanyakan oleh saudara BerkahPulsa Abi Manhaj.
Assalamu ‘alaikum.
Mau tanya tentang anak seorang wanita yang dikandung sebelum menikah. Apakah laki-laki  yang menikahi ibu dari anak itu bisa menjadi ayah nya(wali nya ) ?
Terimakasih. Wassalamu alaikum.

Jawab:
Lelaki yang menjadi suami anak itu tidak bisa menjadi ayah anak tersebut jika kelahiran anak itu kurang dari masa minimal hamil yaitu 6 bulan. Dalam Kitab Bughyatul Mustarsyidin, hal 242, dikatakan:

نكح حاملا من الزنا فأتت بولد لزمن امكانه منه بأن ولدت لستة أشهر ولحظتين من عقده وامكان وطئه لحقه وكذا ان جهلت المدة ولم يدر هل ولدته لمدة الإمكان أو لدونها على الراجح وان ولدته لدونها لم يلحقه.

Seorang laki-laki yang mengawini wanita hamil dari zina. Kemudian wanita itu melahirkan anak dalam masa yang mungkin anak itu dari laki-laki yang mengawininya, yaitu bahwa wanita itu melahirkan sesudah enam bulan dan dua detik dari mulai akad nikahnya dan kemungkinan persetubuhannya, terbangsalah anak itu kepada laki-laki yang menikahinya. Demikian pula jika tidak diketahui apakah perempuan itu melahirkan bayi dalam masa yang memungkinkan laki-laki yang menikahinya untuk menyetubuhinya atau kurang dari masa itu, menurut qaul yang lebih jelas.

Jika wanita yang hamil itu melahirkan bayi kurang dari masa itu, maka bayi yang dilahirkan tidak dapat dibangsakan kepadanya kepada laki-laki yang mengawininya.

Pertanyaan selanjutnya adalah jika anak hasil zina itu perempuan, maka siapakah walinya?

Jawab: Wali bagi perempuan yang tidak memiliki wali adalah hakim. Dalam kitab Mughni Muhtaj juz 3 halaman 152 dijelaskan
لِقَوْلِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فَالسُّلْطَانُ وَلِيٌّ لِمَنْ لاَ وَلِيَ لَهُ.
Karena sabda Nabi saw maka sultan/pemerintah adalah wali dari orang yang sama sekali tidak ada wali baginya. Wallohu a’lam.


1 comments:

kingrani said...

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart hdfc cashback offers You will get upto 75% Discount

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart SBI Cashback Offer You will get upto 75% Discount

Flipkart is Offering Cashback Offers Flipkart AXIS Cashback Offer You will get upto 75% Discount

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site so here you will getFlipkart bank offersso

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site flipkart cashback offersso

Flipkart is one of the biggest world wide eCommerce Site Flipkart hdfc offersso

Post a Comment

Silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates