Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Thursday, April 25, 2013

Penjelasan Air Musta'mal


Pertanyaan saya buat ustad Qosim Ibn Aly .....
Apa itu Air Musta'mal......? Jelaskan dengan Rinci ustad, saya orang awam jadi banyakistilah yang saya ngk faham. Dan apa Maksudnya itu 2 Kulla ustad Mohon Di jawab.

Jawab:

Dalam kitab Zubat bait ke 87 dijelaskan mengenai air musta’mal sebagai berikut:
وكل ما استعمل في تطهر * فرض وقل ليس بالطهور

Artinya: Setiap air yang digunakan untuk bersesusi dan jumlah air tersebut sedikit (kuarng dari dua kulah) maka air tersebut tidak bisa digunakan untuk bersesuci.”

Penjelasan:

Secara literal, musta’mal berarti telah digunakan. Secara syari’at musta’mal adalah air yang telah digunakan untuk bersesuci, baik dari hadats seperti wudhu dan mandi janabah atau digunakan untuk mensucikan najis.

Misalnya begini: Mba’ Aliyah mandi janabah. Maka air yang telah mba’ Aliyah gunakan untuk mandi disebut air musta’mal. Atau misalnya mba’ Aliah wudhu. Saat membasuh wajah tentunya ada air yang menetes. Nah air yang menetes inilah yang disebut air musta’mal. 

Atau misalnya Mba’ Aliyah mensucikan lantai mba’ Aliyah dari najis seperti (Maaf ngomong) kotoran ayam. Nah air yang telah digunakan untuk membersihkan najis itulah yang disebut air musta’mal.

Air yang telah digunakan untuk bersesuci dapat disebut musta’mal manakala jumlahnya sedikit, yaitu kurang dari dua kulah. Dua kulah  adalah -ukuran air- kurang lebih 190 liter. Atau jika ditampung dalam bak, maka setiap sisi baknya harus berukuran 58 cm. Wallohu a’lam.


0 comments:

Post a Comment

Silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates